Subscribe Us

Konsep Pendidikan Pondok Pesantren Zubdatul Asrar Nahdlatul Ulama (ZANU) Kota Parepare


Pondok pesantren merupakan sarana untuk menimba ilmu agama yang efektif di tengah era globalisasi. Lebih jauh lagi, pesantren menjadi tempat yang tepat untuk mendidik anak dengan ilmu agama yang lebih dalam dan mengaplikasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.


Di Kota Parepare, berdiri pondok pesantren dengan berbagai pilihan bagi orang tua untuk memasukkan anaknya guna mendapatkan pendidikan di pesantren. Salah satunya adalah Pondok Pesantren Pondok Pesantren Zubdatul Asrar Nahdlatul Ulama (ZANU) Kota Parepare Kota Parepare. Pesantren Nahdlatul Ulama yang beralamat di Lappa-Anging, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.


Dr. Kiai Hannani Yunus, MA. pengasuh Pondok Pesantren Pondok Pesantren Zubdatul Asrar Nahdlatul Ulama (ZANU) Kota Parepare menjelaskan keberadaan pondok pesantren yang diasuhnya, bahwa keuntungan santri yang belajar di Pondok Pesantren Pondok Pesantren Zubdatul Asrar Nahdlatul Ulama (ZANU) Kota Parepare selain menjadi Seorang Hafidz Al-Qur’an, mereka juga akan mendapatkan pengetahuan agama dan pengetahuan umum. 


Hal ini terkait erat dengan visi pondok pesantren, yakni membentuk masyarakat huffadzul Qur’an yang berwawasan luas, mandiri, berakhlaqul karimah, dan kompetitif. Kiai Hannani menjelaskan lebih lanjut misi yang diusung Pondok Pesantren Pondok Pesantren Zubdatul Asrar Nahdlatul Ulama (ZANU) Kota Parepare. Pertama, menjadikan tahfidzul Quran sebagai pondasi utama sebelum mempelajari ilmu-ilmu yang lain. Kedua, menyelenggarakan pendidikan agama yang kokoh untuk menopang kepribadian dan karakter santri. Ketiga, mengolah intelektual dan spiritual santri melalui dzikir dan pikir. Keempat adalah, menumbuh-kembangkan bakat dan kreativitas untuk membentuk sikap kemandirian.


Kurikulum yang digunakan di Pondok Pesantren Pondok Pesantren Zubdatul Asrar Nahdlatul Ulama (ZANU) Kota Parepare memadukan beberapa kurikulum utama, yaitu tahfizh Al-Qur’an, Pengajian kitab-kitab kuning (turats), Program bimbingan penguasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris serta keilmuan lain yang berbasis ahlussunnah wal jama’ah An-Nahdhiyah.


Sedangkan terkait fasilitas dan sarana pondok pesantren, tersedia asrama untuk santri, Masjid, perpustakaan, living classroom, lapangan olahraga, kolam renang, kantin, dan sarana lain untuk mendukung proses pengembangan bakat-minat potensi santri


Kegiatan santri selama mondok terbagi dalam empat bagian, yakni kegiatan harian, kegiatan mingguan, kegiatan bulanan, dan kegiatan tahunan (selengkapnya lihat tabel kegiatan pondok pesantren)


KEGIATAN SANTRI


A. KEGIATAN HARIAN 


04.00-04.30  SHOLAT TAHAJUD/QIYAMULLLAIL

04.30-05.00  SHOLAT SUBUH BERJAMAAH

05.00-06.00  TAHFIDZUL QUR’AN

06.00-06.50  MANDI, SARAPAN

06.50-07.00  SHOLAT DHUHA BERJAMAAH

07.00-09.00  KEGIATAN BELAJAR-MENGAJAR

09.40-10.00  ISTIRAHAT

10.00-12.00  KEGIATAN BELAJAR-MENGAJAR

12.00-12.30  SHOLAT DHUHUR BERJAMAAH

12.30-13.30  TAHFIDZUL QUR’AN

13.30-14.00  MAKAN SIANG

14.00-15.30  ISTIRAHAT

15.30-16.00  SHOLAT ASHAR & KAJIAN KITAB

16.00-16.30  PROGRAM BAHASA ARAB/ INGGRIS

16.30-17.30  EKSTRAKURIKULER (OLAHRAGA & SENI)

17.30-18.00  MANDI SORE

18.00-18.30  SHOLAT MAGHRIB BERJAMAAH

18.30-19.30  TAHFIDZUL QUR’AN / KAJIAN KITAB

19.30-19.45  SHOLAT ISYA BERJAMAAH

19.45-20.15  MAKAN MALAM

20.15-21.00  TAHFIDZUL QUR’AN

21.00-04.00  ISTIRAHAT

 

B. KEGIATAN MINGGUAN


1. Puasa senin-kamis

2. Muhadhoroh (Latihan Pidato/ceramah tiga Bahasa)

3. Muhadatsah (Latihan Percakapan Arab-Inggris)

4. Living Classroom (Belajar di alam terbuka)

5. Dan lain-lain


C. KEGIATAN BULANAN


1. Tanbihul ‘Am

2. Evaluasi kegiatan santri

3. Tes Hafalan Per-Juz secara bil-hifzhi

4. Khotmul Quran bil Hifzi

 

D. KEGIATAN TAHUNAN


1. Imtihan Syafahi dan Tahriri

2. Kajian Kitab khusus yang diadakan tiap bulan Ramadhan

3. Rihlah Ziarah Wali

4. Panggung Gembira

5. Dan lain-lain

Posting Komentar

1 Komentar